Home » , » Macam - Macam Teknologi Mikro Procesor beserta Pengertian dan Fungsi

Macam - Macam Teknologi Mikro Procesor beserta Pengertian dan Fungsi

Posted by Komputer & Jaringan on Tuesday, October 25, 2016


Pengertian dan Fungsi MMX
MMX adalah sebuah teknologi karya perusahaan intel.Istilah MMX dikabarkan merupakan kependekan dari Multimedia eXtension.MMX adalah trademarket (cap/merk dagang)intel,yang mengandung pengertian atas peningkatan kemampuan mikroprosesor  dalam kompresi dan dekompresi vidio, manipulasi gambar enkripsi, pemrosesan input atau output.
Fungsi membantu proses perhitungan dalam aplikasi yaitu aplikasi multimedia,game, editor gambar 2 D, kompresi atau dekomprasi enkripsi dan lainnya.

Pengertian dan Fungsi SSE, SSE2, SSE3, SSSE3.
v  SSE merupakan setpengembangan yang lebih besar dari instruksi SIMD, dengan dukungan floating point 32 bit dan penambahan set register-register vektor 128 bit, yang memudahkan operasi SIMD dan FPU dalam waktu yang bersamaan. pada SSE memiliki 70 instruksi,
v  SSE dikembangkan lagi menjadi SSE2, yang juga mengembangkan instruksi-instruksi MMX sehingga dapat beroperasi pada register XMM 128 bit. SSE dan SSE2 merupakan teknologi eksklusif yang hanya terdapat pada prosesor Intel. Pada SSE2 memiliki tambahan 144 instruksi baru.

·         Keuntungan teknologi ini antara lain:
§  Pencapaian resolusi yang lebih tinggi dan kualitas tampilan gambar yang lebih bagus pada software-software grafis. o Kualitas yang lebih tinggi untuk aplikasi multimedia, seperti encoding dan decoding audio dan video MPEG2.
§  Mengurangi beban kerja CPU untuk keperluan speech recognition.
§  Meningkatkan akurasi serta respon yang lebih cepat ketika menjalankan aplikasi speech recognition

v  Pada tahun 2004, berhasil menciptakan teknologi SSE3 yang merupakan perkembangan dari SSE2. SSE3 memiliki 13 tambahan instruksi baru, atau dengan kata lain SSE3 memiliki 13 instruksi lebih banyak daripada SSE2. Teknologi SSE3 ini diberi nama sandiPrescott New Instruction (PNI), pertama kali diterapkan dan diperkenalkan pada revisi prosesor Prescott(golongan Pentium 4).
v  Dan sekarang, SSE3 telah dikembangkan menjadi SSSE3, dan diberi nama sandi Tejas New Instruction (TNI) atau Merom New Instruction (MNI). Teknologi SSSE3 tersebut sudah diterapkan pada prosesor yang menggunakan mikroarsitektur Intel Core, misalnya pada prosesor Intel Xeon 5100 seriesyang merupakan prosesor kelas server, dan prosesor Intel Core 2 untuk kelas desktop dan mobile. SSSE3 memiliki tambahan 16 instruksi baru yang bersifat diskrit.

 Pengertian dan Fungsi SSE4 pada mikroposesor intel
Set intruksi yang dibuat oleh intel yang digabungkan kedalam mikroarsitektur intel core.SSE4 berfungsi untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja mikroprosesor yang berkaitan dengan aspek aplikasi multi media dan perhitungan-perhitungan yang bersifat intesif.


 Pengertian dan Fungsi Speed Step dan EIST
Speed Step adalah nama salah satu seri teknologi memiliki perusahaan intel yang diterapkan dalam berbagai jenis produk mikroprosesor.fungsi speed step untuk menurunkan atau mengubah clock speed menjadi lebih rendah dari clock speed normal(aslinya)
EIST merupakan system operasi kemampuan untuk beralih kecepatan prosesor dan tegangan naik turun.Fungsi eist untuk melestarikan daya ketika tidak banyak yang sedang dihitung.

Pengertian dan Fungsi Intel QuickPath
komunikasi antara mikroprosesor dengan memory dilakukan melalui front side bus (FSB) external yang bekerja secara bidirectional.
Fungsi seluruh transmisi data dan intruksi dilakukan melalui bus ini

Pengertian dan Fungsi Teknologi Direct Media Interface
Interkoneksi dari titik ke titik (point to point) antara chip nortbrige buatan intel dengan chip sourtbrige yang juga buatan intel,yang keduanya terpasangpada motherboard yang sama.Fungsi DMI mampu memberikan bandwith(kecepatan transfer data) hingga 10GB/s yang bersifat bi-direction(berlangsung dua arah).

Pengertian dan Fungsi Intel Turbo Boost
Fitur teknologi yang terdapat (diaplikasikan) pada mokroprosesor berbasis mikroarsitektur Nehalem.intel turbo boost adalah teknologi yang memungkinkan core secara otomatis berjalan pada clockyanglebih tinggi dari spesifikasinya pabila sedang bekerja menjalankan program aplikasi single thread,sehingga mikroprosesor akan menampilkan kinerja yang sama baik nya dengan aplikasi yang telah multithread.
 Fungsi untuk Membuat mikroprosesor otomatis mampu bekerja lebih cepat dari kecepatan(frekuensi clock)standarnya selama daya,tegangan,dan temperatur mikroprosesor tetap berada di bawah batas maksimumnya.

Pengertian dan Fungsi Intel Enhanceed Deeper Sleep
fitur teknologi yang terdapat pada netbook yang menggunakan mikroprosesor mobile intel atom.
Teknologi ini berfungsi untuk menghemat daya dengan cara membebaskan dan mengalihkan chace data ke system memori ketika mikroprosesor dalam kondisi tidak aktif.

Pengertian dan Fungsi Advance Smart Cache
Salah satu fitur buatan intel untuk diaplikasikan pada mikroprosesor produksinya.pertama kali diterapkan pada mokroprosesor berbasis mikroarsitektur intel core.Fungsi dalam teknologi ini bus dan cache memory dirancang untuk data agar secara efisien dapat dugunakan besama-sama oleh semua core yang sama.

Pengertian dan Fungsi AES
set intruksi baru yang mendukung AES.Sebenarnya berisi enam intruksi prosesor untuk mengkonsolidasikan operasi matematika AES.Berfungsi untuk mempercepat aplikasi dalam melakukan enkripsi dan dekripsi.

Pengertian dan Fungsi XD bit
Kependekan dari eXecute Disable bit,merupakan salah satu fitur teknologi yang terdapat pada mikroprosesor-mikroprosesor canggih masa kini.XD bit adalah sebuah teknologi yang mampu mengubah memori menjadi bersifat executable tau non executable(bersifat dapat di eksekusi atau terbuka atau tidak dapat dieksekusi/tertutup).Berfungsi untuk memisahkan area memori untuk tempat penyimpanan lain ,misalnya tempat penyimpanan data.

Pengertian dan fungsi Hyper Threading
Sebuah teknologi yang dibuat oleh perusahaan intel dan di aplikasikan pada beberapa jenis mikroprosesor produksinya.Hyper Threading adalah bentuk inofai teknologi yang lebih maju,yang menggunakan teknologi simultaneous multithreading (SMT).Fungsinya meningkatkan performa mikroprosesor hingga 40%,bahkan ada yang menjelaskan dapat meningkatakan kemampuan proses kerja hingga 2 kali lipat.

Pengertian dan Fungsi Active Management Technology
Teknologi sekuriti yang disediakan oleh intel,sebenarnya ini merupakan teknologi bebasis perangkat keras dan firmware yang diterapkan oleh pc dengan harapan agar pc lebih muda dimonitor.Fungsi nya untuk mengatasi masalah pada computer dengan jarak jauh.

Pengertian  dan Fungsi  Intel Trusted Execusion Technology
merupakan salah satu fitur teknologi yang ada dalam mikroprosesor dan chipset buatan intel.TXT intel adalah sebuah peluas hadware yang di aplikasikan pada mikroprosesor dan chip set.Fungsinya sebagai security(pengaman)yang disediakan oleh intel

Pengertian dan Fungsi Intel Virtualization Technology For X86
adalah salah satu fitur yang di aplikasikan pada mokroprosesor golongan x86.Dalam komputasi,x86 virtualizaton adalah fasilitas yang desediakan agar beberapa system operasi dapat berjalan bersamaan secara simultan pada computer x86,dan dapat brlangsung secara efisien dengan cara yang aman. Fungsi yaitu sebuah teknologi untuk sebuat virtualisasi tabel halaman (page-table virtualization) yang terdapat di arsitektur nehalem.

Pengertian dan Fungsi Teknologi Dynamic Front Side Bus Switching
adalah teknologi yang disedikan oleh intel,yang secara dinamis mampu mengubah FSB dan foltase sehingga mikroprosesor bisa menggunakan daya yang lebih rendah(yang disebut dengan istilah super low frequency mode).fungsi dapat membantu penghematan energy,hal ini terjadi karena konsumsi daya kedua core dan chipset jadi menurun.

Pengertian dan Fungsi Intel Dynamic Acceleration (IDA)
teknologi dibuat oleh intel untuk meningkatkan kinerja aplikasi-aplikasi single thread,apabila aplikasi-aplikasi tersebut belum mampu memanfaatkan fitur dual core pada mikroprosesor core 2 duo.
Fungsi dengan teknologi ini,apliksi-aplikasi single thread bekerja lebih cepat.

Pengertian dan Fungsi Teknologi Intel Turbo Memory
Sebenarnya teknologi ini ditunjukan untuk membantu kerja hardisk.
Fungsi membantu kerja Hardisk.

Pengertian dan Fungsi Teknologi Intergrated Memory Controller
Teknologi ini di terapkan pertama kali pada mikroprosesor berbasis mikroarsitektur Nehalem,yaitu mikroprosesor intel core i7.
Fungsi untuk mempersingkat waktu yang diperlukan untuk transmisi data/informasi dari memori ke mikroprosesor atau sebaliknya.

Pengertian dan Fungsi Intel 64
Sebuah arsitektur set intruksi mikroprosesor yang dikembangkan oleh intel.arsitektur ini hasil pengembangan dari arsitektur set intruksi X86.
Fungsi Beroprasi dalam beberapa modus,yaitu:modus real,modus terproteksi,modus terproteksi virtual,modus 64 bit,modus kompatibilitas.

Thanks for reading & sharing Komputer & Jaringan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment